Kamis, 22 Mei 2025

Kisi-Kisi SAT PKn Kelas 7 Terbaru Sesuai Kurikulum Merdeka

 

1. Acuan Kurikulum dan Buku Teks

Kisi-kisi disusun berdasarkan:

  • Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP/MTs.
  • Buku teks utama: "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)" Kelas VII yang terintegrasi dengan buku tematik atau referensi seperti "English for Nusantara" bila mengandung muatan Pancasila & Kewarganegaraan.

 

2. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi dibuat untuk:

  • Menjamin kesesuaian antara tujuan pembelajaran dan soal yang disusun.
  • Menyediakan kerangka sistematis untuk pembuatan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT).
  • Menjamin adanya pemerataan materi dan proporsi level kognitif yang sesuai.

 

3. Struktur Kisi-Kisi
Kisi-kisi memuat tujuh komponen utama:

Komponen

Penjelasan

No

Nomor urut soal dalam kisi-kisi

Tujuan Pembelajaran

Rumusan capaian pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka

Materi

Pokok bahasan/tema yang diujikan

Indikator Soal

Perilaku terukur yang dapat dinilai melalui soal

Level Kognitif

Tingkatan berpikir berdasarkan Taksonomi Bloom: C1 (pengetahuan) s.d. C6 (kreasi)

No Soal

Nomor soal pada naskah ujian yang sesuai dengan kisi-kisi

Bentuk Soal

Jenis soal: Pilihan Ganda (PG), PG Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, Uraian

 

4. Proporsi Materi
Distribusi materi didasarkan pada semester:

Semester

Persentase

Jumlah Soal

Semester 1

40%

16 soal

Semester 2

60%

24 soal

 

5. Bentuk Soal
Penyusunan mencakup lima jenis soal untuk mengukur berbagai kompetensi:

Bentuk Soal

Jumlah

Pilihan Ganda (PG)

10

Pilihan Ganda Kompleks

10

Menjodohkan

5 (masing-masing 2 subsoal)

Isian Singkat

10

Uraian

5

 

6. Pendekatan Kognitif
Soal disusun berjenjang dari tingkat berpikir rendah ke tinggi, meliputi:

  • C1 – Pengetahuan
  • C2 – Pemahaman
  • C3 – Aplikasi
  • C4 – Analisis
  • C5 – Evaluasi

 

7. Langkah Penyusunan

  • Mengkaji CP (Capaian Pembelajaran) dan alur tujuan pembelajaran (ATP).
  • Menentukan materi esensial untuk semester 1 dan 2.
  • Menyusun indikator soal yang spesifik dan terukur.
  • Menyesuaikan bentuk dan level soal berdasarkan kebutuhan asesmen formatif dan sumatif.
  • Menyusun peta sebaran soal dalam format tabel kisi-kisi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar