1. Acuan Kurikulum dan Buku Teks
Kisi-kisi disusun berdasarkan:
- Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMP/MTs.
- Buku teks utama: "Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)" Kelas VII yang
terintegrasi dengan buku tematik atau referensi seperti "English
for Nusantara" bila mengandung muatan Pancasila &
Kewarganegaraan.
2.
Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi dibuat untuk:
- Menjamin kesesuaian
antara tujuan pembelajaran dan soal yang disusun.
- Menyediakan kerangka sistematis
untuk pembuatan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) atau
Penilaian Akhir Tahun (PAT).
- Menjamin adanya pemerataan
materi dan proporsi level kognitif yang sesuai.
3.
Struktur Kisi-Kisi
Kisi-kisi memuat tujuh komponen utama:
Komponen |
Penjelasan |
No |
Nomor urut
soal dalam kisi-kisi |
Tujuan
Pembelajaran |
Rumusan
capaian pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka |
Materi |
Pokok
bahasan/tema yang diujikan |
Indikator
Soal |
Perilaku
terukur yang dapat dinilai melalui soal |
Level
Kognitif |
Tingkatan
berpikir berdasarkan Taksonomi Bloom: C1 (pengetahuan) s.d. C6 (kreasi) |
No Soal |
Nomor soal
pada naskah ujian yang sesuai dengan kisi-kisi |
Bentuk Soal |
Jenis soal:
Pilihan Ganda (PG), PG Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, Uraian |
4.
Proporsi Materi
Distribusi materi didasarkan pada semester:
Semester |
Persentase |
Jumlah Soal |
Semester 1 |
40% |
16 soal |
Semester 2 |
60% |
24 soal |
5.
Bentuk Soal
Penyusunan mencakup lima jenis soal untuk mengukur berbagai kompetensi:
Bentuk Soal |
Jumlah |
Pilihan Ganda
(PG) |
10 |
Pilihan Ganda
Kompleks |
10 |
Menjodohkan |
5
(masing-masing 2 subsoal) |
Isian Singkat |
10 |
Uraian |
5 |
6.
Pendekatan Kognitif
Soal disusun berjenjang dari tingkat berpikir rendah ke tinggi, meliputi:
- C1 – Pengetahuan
- C2 – Pemahaman
- C3 – Aplikasi
- C4 – Analisis
- C5 – Evaluasi
7.
Langkah Penyusunan
- Mengkaji CP (Capaian
Pembelajaran) dan alur tujuan pembelajaran (ATP).
- Menentukan materi
esensial untuk semester 1 dan 2.
- Menyusun indikator soal yang
spesifik dan terukur.
- Menyesuaikan bentuk dan
level soal berdasarkan kebutuhan asesmen formatif dan sumatif.
- Menyusun peta sebaran soal dalam format tabel kisi-kisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar