DESKRIPSI
PEMBUATAN KISI-KISI SOAL
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas : VII (Tujuh)
Kurikulum : Merdeka
Jumlah Soal : 40
butir soal
Bentuk Soal :
- Pilihan Ganda (10 soal)
- Pilihan Ganda Kompleks (10 soal)
- Menjodohkan (5 soal, masing-masing 2 subsoal)
- Isian Singkat (10 soal)
- Uraian (5 soal)
1.
Landasan Penyusunan
Kisi-kisi soal ini disusun
berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
dalam buku teks utama Seni Budaya Kelas 7 edisi Kurikulum Merdeka, serta
memperhatikan prinsip asesmen dalam Kurikulum Merdeka, yaitu: berorientasi
pada kompetensi, kontekstual, holistik, dan berpihak pada peserta didik.
2.
Struktur Kisi-Kisi
Kisi-kisi soal ini terdiri dari
beberapa kolom yang memuat informasi penting untuk setiap soal, yaitu:
- Nomor Soal:
Penanda urutan soal.
- Tujuan Pembelajaran:
Mengacu pada TP dari CP Seni Budaya Kelas 7.
- Materi:
Pokok materi dari semester 1 dan 2.
- Indikator Soal:
Perilaku atau kemampuan yang diukur dari siswa.
- Level Kognitif:
Berdasarkan taksonomi kognitif (C1–C6: Mengingat–Mencipta).
- Bentuk Soal:
Jenis soal yang digunakan.
3.
Distribusi Materi
Pembagian soal mempertimbangkan
proporsi semester 1 sebanyak 40% dan semester 2 sebanyak 60%,
sesuai kalender pembelajaran tahunan.
- Semester 1:
Pengenalan seni budaya, seni musik dasar, seni rupa 2D, seni tari, dan
seni teater dasar.
- Semester 2:
Seni rupa 3D, proyek kolaboratif seni, dan apresiasi seni secara
menyeluruh.
4.
Level Kognitif
Soal dikembangkan dengan beragam
level kognitif untuk melatih kemampuan berpikir tingkat rendah hingga
tinggi:
- C1 – Mengingat:
Menyebutkan, menghafal, meniru.
- C2 – Memahami:
Menjelaskan, mengklasifikasikan, membandingkan.
- C3 – Menerapkan:
Menggunakan informasi dalam konteks baru.
- C4 – Menganalisis:
Menguraikan bagian-bagian, membedakan.
- C5 – Mengevaluasi:
Memberikan penilaian dan justifikasi.
- C6 – Mencipta:
(belum muncul dalam kisi-kisi karena keterbatasan ruang lingkup materi di
kelas 7, tetapi dapat dikembangkan dalam proyek).
5.
Prinsip Penyusunan Soal
- Validitas:
Materi sesuai dengan buku dan CP.
- Reliabilitas:
Soal dikembangkan dalam format yang konsisten.
- Keterukuran:
Indikator soal dirumuskan secara jelas.
- Keseimbangan Bentuk Soal: Penggunaan variasi bentuk soal untuk menggali berbagai
keterampilan.
- Konstekstual:
Soal dikaitkan dengan budaya lokal dan pengalaman keseharian peserta
didik.
6.
Tujuan Akhir Kisi-Kisi
Kisi-kisi ini digunakan sebagai acuan
dalam menyusun soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Sumatif Akhir
Tahun (SAT) yang:
- Mewakili seluruh materi ajar.
- Mengukur kompetensi peserta didik secara menyeluruh.
- Menjadi instrumen refleksi guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran.
👉 Contoh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 7
📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar