Rabu, 28 Mei 2025

Terbaru! Kisi-Kisi SAT QURDITS Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

Penyusunan kisi-kisi soal Al-Qur’an Hadits Kelas 7 ini dilakukan berdasarkan acuan utama buku teks pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 7 Kurikulum Merdeka serta mempertimbangkan prinsip penilaian pendidikan yang mencakup aspek kompetensi, proporsionalitas materi, dan level kognitif siswa.

Kisi-kisi ini disusun sebagai panduan sistematis untuk menyusun instrumen soal sumatif akhir tahun (SAT), dengan total 40 soal yang dibagi ke dalam lima bentuk soal berbeda:

1.     10 Soal Pilihan Ganda (PG)

2.     10 Soal Pilihan Ganda Kompleks

3.     5 Soal Menjodohkan (2 subsoal per soal)

4.     10 Soal Isian Singkat

5.     5 Soal Uraian

Aspek yang Dijadikan Dasar Penyusunan Kisi-Kisi:

1.     Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

o    Kisi-kisi dikembangkan dari tujuan pembelajaran dalam capaian pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka, seperti memahami makna surah pendek, kandungan hadits pilihan, serta menerapkan akhlak mulia yang tercermin dalam ayat dan hadits.

2.     Materi Pelajaran

o    Materi diambil secara proporsional dari seluruh konten pembelajaran kelas 7, dengan pembagian semester 1 (40%) dan semester 2 (60%).

o    Materi meliputi: pengenalan Al-Qur’an dan hadits, Q.S. Al-Fil, Al-Quraisy, Al-Ma’un, Al-Kautsar, Al-Ikhlas, serta hadits-hadits tentang kasih sayang, tanggung jawab, kejujuran, dan cinta ilmu.

3.     Indikator Soal

o    Setiap indikator soal dirumuskan dari kompetensi dasar, seperti: menghafal, memahami arti, menjelaskan isi kandungan ayat/hadits, mengidentifikasi nilai-nilai akhlak, dan menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Level Kognitif

o    Kisi-kisi mencakup level kognitif dari C1 (mengingat), C2 (memahami), hingga C3 (menerapkan) sesuai dengan karakteristik soal dan bentuk instrumen yang digunakan.

5.     Distribusi Bentuk Soal

o    Setiap jenis soal memiliki proporsi dan bobot yang seimbang untuk mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh, baik dari segi pengetahuan faktual, konseptual, hingga aplikatif.

6.     Stimulus Soal

o    Sebagian besar soal dilengkapi dengan stimulus kontekstual (petikan ayat/hadits, situasi sehari-hari, atau ilustrasi sederhana) untuk meningkatkan kemampuan literasi dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Tujuan Akhir

Kisi-kisi ini diharapkan dapat:

  • Menjadi pedoman guru dalam menyusun soal dengan validitas isi yang baik,
  • Mendorong penilaian yang adil, objektif, dan menyeluruh,
  • Membantu siswa mengukur kemampuan diri terhadap kompetensi yang ditargetkan dalam Kurikulum Merdeka.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar