1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi
Penyusunan
kisi-kisi soal bertujuan untuk:
- Menyediakan panduan sistematis
bagi guru dalam membuat soal Sumatif Akhir Tahun (SAT).
- Menjamin keterukuran dan
ketercapaian Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa
Indonesia sesuai Kurikulum Merdeka.
- Menyajikan soal yang variatif,
berbasis konteks, dan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa (kognitif).
2. Prinsip Penyusunan
- Relevan: Mengacu pada CP dan TP
Bahasa Indonesia kelas 7.
- Representatif: Mencakup materi
esensial semester 1 dan 2.
- Variatif: Menggunakan berbagai
bentuk soal untuk menilai berbagai aspek berpikir.
- Terukur: Soal dibuat
berdasarkan indikator yang jelas.
- Proporsional: Distribusi soal
berdasarkan bobot materi dan level kognitif.
3. Proporsi Materi
- Semester 1: 40% dari total
soal.
- Semester 2: 60% dari total
soal.
Distribusi ini mempertimbangkan pembelajaran yang telah berlangsung sepanjang tahun.
4. Jumlah dan Bentuk Soal
Total: 40 soal,
dengan rincian:
Bentuk Soal |
Jumlah |
Karakteristik |
Pilihan Ganda
(PG) |
10 |
Satu jawaban
benar, menguji pemahaman dasar |
Pilihan Ganda
Kompleks |
10 |
Lebih dari
satu jawaban benar, menguji analisis dan sintesis |
Menjodohkan |
5 |
2 subsoal per
nomor, menguji koneksi antar konsep |
Isian Singkat |
10 |
Mengisi
kata/kalimat secara ringkas, mengukur pemahaman atau penerapan konsep |
Uraian |
5 |
Jawaban
terbuka, menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (C4–C6) |
5. Struktur Kisi-Kisi Soal
Setiap
kisi-kisi berisi komponen berikut:
Komponen |
Penjelasan |
No |
Nomor urut
indikator |
Tujuan
Pembelajaran |
Diambil dari
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 |
Materi |
Materi pokok
yang diambil dari semester 1 atau 2 |
Indikator
Soal |
Rumusan
kemampuan yang diukur, sesuai materi dan TP |
Level
Kognitif |
C1–C6 sesuai
Taksonomi Bloom (mengingat hingga mencipta) |
No Soal |
Nomor soal
dalam bentuk tes |
Bentuk Soal |
PG, PG
Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, atau Uraian |
6. Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kelas 7
(Sumber: CP
Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka)
- Memahami struktur dan
kebahasaan teks deskripsi, narasi, prosedur, eksplanasi, dan tanggapan.
- Mengidentifikasi informasi,
gagasan utama, dan unsur kebahasaan dalam teks.
- Menyajikan tanggapan terhadap
informasi dalam teks secara tertulis/lisan.
- Menyunting dan menulis teks
sederhana sesuai kaidah kebahasaan.
7. Contoh Indikator Soal
- Disajikan kutipan teks
deskripsi, siswa dapat menentukan ciri teks tersebut.
- Disajikan teks prosedur, siswa
dapat menyusun kembali urutan langkah secara tepat.
- Disajikan dua kutipan teks
berbeda, siswa dapat membandingkan struktur dan tujuannya.
8. Level Kognitif yang Digunakan
- C1: Mengingat istilah atau
definisi (contoh: jenis majas, fungsi tanda baca)
- C2: Memahami isi teks,
struktur, ciri kebahasaan
- C3: Mengaplikasikan
pengetahuan, seperti menyusun paragraf atau langkah prosedur
- C4: Menganalisis struktur dan
hubungan antarbagian teks
- C5–C6: Menilai atau menciptakan
teks tanggapan, menyimpulkan isi dari teks kompleks
9. Tahapan Pembuatan Kisi-Kisi
Langkah |
Kegiatan |
Menelaah CP
dan TP Bahasa Indonesia kelas 7 |
|
2 |
Memilah
materi esensial dari semester 1 dan 2 |
3 |
Menyusun
indikator soal berdasarkan TP dan materi |
4 |
Menentukan
level kognitif dan bentuk soal yang sesuai |
5 |
Mengisi
format kisi-kisi dengan lengkap dan sistematis |
6 |
Menelaah dan
merevisi kisi-kisi secara kolaboratif dengan guru lain/MGMP |
10. Penutup
Kisi-kisi ini
menjadi acuan utama dalam menyusun soal yang adil, valid, dan mencerminkan
kemampuan berpikir siswa secara menyeluruh. Selain sebagai pedoman bagi guru,
kisi-kisi juga menjadi dasar untuk evaluasi hasil belajar yang berkualitas dan
bermakna.
👉 Download Kisi-Kisi SAT Bahasa Indonesia Kelas 7
👉 Contoh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 7
📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)
Download Kisi-Kisi dan Contoh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar