1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi ini disusun sebagai acuan dalam penyusunan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Bahasa Inggris untuk kelas 7 yang mengacu pada capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah untuk:
- Menjamin ketercapaian
kompetensi sesuai CP (Capaian Pembelajaran)
- Menjamin proporsionalitas
materi dari Semester 1 dan Semester 2
- Mempermudah guru dalam membuat
soal yang valid, reliabel, dan bervariasi
- Memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai ruang lingkup materi yang akan diujikan
2. Struktur Kisi-Kisi Soal
Bentuk Soal |
Jumlah |
Keterangan |
Pilihan Ganda |
10 |
1 jawaban
benar dari 4 opsi (A, B, C, D) |
Pilihan Ganda
Kompleks |
10 |
Lebih dari 1
jawaban benar; siswa memilih semua jawaban yang tepat |
Menjodohkan |
5 |
Masing-masing
terdiri dari 2 subsoal per nomor (total 10 pasangan) |
Isian Singkat |
10 |
Jawaban
pendek sesuai konteks soal |
Uraian |
5 |
Soal dengan
jawaban penjabaran mendalam terkait konteks bahasa |
3. Cakupan Materi
Materi soal
mencakup seluruh CP dan materi ajar Bahasa Inggris Kelas 7 selama 1 tahun
pelajaran:
- Semester 1 (40%):
- Greeting and Introduction
- Classroom Language
- Describing People and Objects
- Simple Present Tense in Daily
Activities
- Semester 2 (60%):
- Telling Time and Daily
Routines
- Expressing Likes and Dislikes
- Giving Instructions and
Prohibition
- Describing Places and Locations
4. Aspek dalam Kisi-Kisi
- Tujuan Pembelajaran: Mengacu pada capaian
pembelajaran Kurikulum Merdeka.
- Indikator Soal: Menjabarkan kemampuan yang
diukur, misalnya "Siswa dapat memilih kalimat sapaan yang tepat dalam
konteks formal."
- Level Kognitif: Merujuk pada taksonomi
kognitif: Pengetahuan (C1), Pemahaman (C2), Aplikasi (C3), dst.
- No Soal: Nomor soal yang memuat indikator
tersebut.
5. Prinsip Penyusunan Soal
- Soal harus sesuai konteks
nyata (authentic) dan menggunakan bahasa Inggris sederhana yang
sesuai dengan tingkat pemahaman siswa kelas 7.
- Mengutamakan ragam
keterampilan bahasa: listening (jika berbasis audio), reading,
writing, dan speaking (jika lisan atau tertulis).
- Menyisipkan stimulus visual atau naratif (gambar, dialog, jadwal, dll) untuk mendukung konteks soal.
6. Penyusunan dan Penelaahan
- Kisi-kisi ini disusun oleh guru
mata pelajaran Bahasa Inggris dan ditelaah oleh tim MGMP untuk menjamin
kualitas dan kesesuaian dengan CP.
- Setiap soal dirancang sesuai
indikator, dan soal akhir akan divalidasi sebelum digunakan dalam SAT.
👉 Contoh Soal SAT Bahasa Inggris Kelas 7
📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar