1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi ini disusun sebagai panduan
penyusunan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) untuk mata pelajaran Akidah Akhlak
kelas 7 dalam rangka mengukur capaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum
Merdeka. Tujuan penyusunannya adalah:
- Memastikan soal yang dibuat sesuai dengan CP dan alur
tujuan pembelajaran
- Menyediakan acuan sistematis dalam menguji pemahaman
siswa secara menyeluruh
- Meningkatkan validitas dan reliabilitas soal yang
digunakan dalam SAT
- Memberikan gambaran proporsi materi semester ganjil dan
genap (40% : 60%)
2. Komposisi Bentuk Soal
Jumlah total soal: 40 soal, dengan
rincian bentuk sebagai berikut:
Bentuk
Soal |
Jumlah |
Keterangan |
Pilihan Ganda |
10 |
1 jawaban benar dari 4 opsi (A, B,
C, D) |
Pilihan Ganda Kompleks |
10 |
Lebih dari satu jawaban benar,
dipilih dari A, B, C, dan D |
Menjodohkan |
5 |
Tiap soal terdiri dari 2 subsoal
(total 10 pasangan) |
Isian Singkat |
10 |
Jawaban pendek dan tepat sesuai
konteks materi |
Uraian |
5 |
Jawaban penjabaran terkait
pemahaman dan penerapan akidah & akhlak |
3.
Cakupan Materi
Materi diambil dari gabungan
semester 1 dan semester 2, dengan proporsi:
- Semester 1: 40%
- Makna Akidah Islam
- Rukun Iman (Iman kepada Allah dan Malaikat)
- Akhlak Terpuji: Jujur, Amanah, Tanggung Jawab
- Semester 2: 60%
- Iman kepada Kitab dan Rasul
- Akhlak Terpuji: Rendah Hati, Sederhana, Hemat, dan
Syukur
- Akhlak Tercela: Takabur, Hasad, dan Tabdzir
4.
Struktur Kisi-Kisi
Setiap soal dalam kisi-kisi
dilengkapi dengan kolom berikut:
No |
Tujuan
Pembelajaran |
Materi |
Indikator
Soal |
Level
Kognitif |
No
Soal |
Bentuk
Soal |
Keterangan:
- Tujuan Pembelajaran:
Mengacu pada alur CP Kurikulum Merdeka
- Indikator Soal:
Menunjukkan kompetensi yang diukur (misal: siswa dapat menyebutkan makna
iman kepada malaikat)
- Level Kognitif:
C1 (Mengetahui), C2 (Memahami), C3 (Menerapkan)
- No Soal:
Penempatan dalam urutan soal
- Bentuk Soal:
Disesuaikan dengan jenis soal (PG, PG Kompleks, Isian, dll)
5.
Prinsip Penyusunan Soal
- Soal disusun berdasarkan prinsip autentik,
kontekstual, dan moderat
- Mengukur keseimbangan pemahaman akidah dan penerapan
akhlak dalam kehidupan sehari-hari
- Disusun dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan
sesuai tingkat berpikir siswa
- Memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman secara lisan,
tulisan, dan sikap
6.
Proses Validasi
- Kisi-kisi dan soal ditelaah oleh tim guru mata
pelajaran/MGMP Akidah Akhlak
- Disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan
kebutuhan satuan pendidikan
- Soal diuji coba secara terbatas jika memungkinkan, untuk validasi awal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar