Kamis, 22 Mei 2025

Update! Kisi-Kisi SAT PJOK Kelas 7 Kurikulum Merdeka


Kisi-kisi soal ini disusun sebagai panduan dalam menyusun instrumen evaluasi Sumatif Akhir Tahun (SAT) untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) kelas 7, mengacu pada Kurikulum Merdeka. Penyusunan kisi-kisi mempertimbangkan kesesuaian antara Tujuan Pembelajaran, Materi Esensial, dan Level Kognitif, serta berorientasi pada pencapaian Capaian Pembelajaran (CP) yang berlaku.

1. Struktur Kisi-Kisi

Kisi-kisi terdiri dari tujuh komponen utama:

  • No: Nomor urut soal dalam kisi-kisi.
  • Tujuan Pembelajaran: Rumusan kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa.
  • Materi: Pokok bahasan atau kompetensi yang diujikan.
  • Indikator Soal: Penjabaran kemampuan spesifik yang akan diukur.
  • Level Kognitif: Mengacu pada Taksonomi Bloom revisi (C1 – mengingat, C2 – memahami, C3 – menerapkan, C4 – menganalisis).
  • No Soal: Nomor soal dalam paket ujian.
  • Bentuk Soal: Jenis soal yang digunakan, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

2. Distribusi Soal

Penyebaran soal berdasarkan bentuk dan jumlah adalah sebagai berikut:

  • 10 soal pilihan ganda
  • 10 soal pilihan ganda kompleks
  • 5 soal menjodohkan (masing-masing 2 subsoal, total 10)
  • 10 soal isian singkat
  • 5 soal uraian

Total soal: 40 butir, dengan komposisi Semester 1 sebanyak 40% (16 soal) dan Semester 2 sebanyak 60% (24 soal). Hal ini disesuaikan dengan proporsi waktu pembelajaran dalam setahun dan bobot materi.

3. Kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka

Materi yang diambil mencakup:

  • Semester 1: Gerak dasar atletik, permainan bola besar (sepak bola, voli), permainan bola kecil (kasti, rounders), kebugaran jasmani, pemanasan dan pendinginan.
  • Semester 2: Senam lantai, renang, keselamatan aktivitas air, latihan daya tahan dan kekuatan, laporan kegiatan kebugaran, manfaat olahraga dan gizi.

Kisi-kisi ini mengacu pada buku “PJOK untuk SMP/MTs Kelas VII” terbitan resmi sesuai dengan kurikulum, serta disusun untuk mendorong penilaian yang mencakup aspek:

  • Pengetahuan (kognitif)
  • Keterampilan dasar (psikomotorik)
  • Sikap positif terhadap olahraga dan kesehatan (afektif) melalui beberapa soal uraian.

4. Tingkat Kognitif dan Variasi Soal

Level kognitif yang digunakan:

  • C1 (Mengingat): Menanyakan fakta dan informasi dasar.
  • C2 (Memahami): Menuntut interpretasi atau penjelasan dari informasi.
  • C3 (Menerapkan): Soal menuntut penggunaan konsep dalam situasi nyata.
  • C4 (Menganalisis): Digunakan dalam soal uraian untuk menggali pemahaman lebih dalam.

Variasi bentuk soal bertujuan agar penilaian tidak monoton, serta mampu mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh.


👉 Download Kisi-Kisi Soal SAT PJOK Kelas 7

👉 Contoh Soal SAT PJOK Kelas 7

📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)


 

Senin, 19 Mei 2025

Kisi-Kisi Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Matematika Kelas 7


1. Tujuan Pembuatan Kisi-Kisi Soal

Kisi-kisi soal SAT Matematika disusun untuk memastikan evaluasi pembelajaran berjalan efektif dan sistematis sesuai kompetensi dasar Kurikulum Merdeka. Kisi-kisi ini menjadi panduan dalam penyusunan soal yang akurat, merata cakupan materi, serta mengukur kemampuan siswa secara menyeluruh.

2. Komposisi Soal dan Bentuk Soal

Soal berjumlah 40 soal, dengan variasi bentuk untuk mengukur berbagai aspek kemampuan, yakni:

  • 10 soal pilihan ganda (PG)
  • 10 soal pilihan ganda kompleks (PGK)
  • 5 soal menjodohkan (dengan 2 subsoal per nomor)
  • 10 soal isian singkat
  • 5 soal uraian

3. Distribusi Materi Soal

Soal disusun berdasarkan materi pembelajaran Matematika kelas 7 yang diambil dari dua semester dengan pembagian:

  • Materi Semester 1 sebanyak 40% (sekitar 16 soal)
  • Materi Semester 2 sebanyak 60% (sekitar 24 soal)

Pembagian ini untuk memastikan penilaian yang komprehensif dan fokus pada perkembangan kemampuan siswa dari awal hingga akhir tahun.

4. Aspek dalam Kisi-Kisi Soal

Kisi-kisi mencakup komponen utama sebagai berikut:

  • No: Nomor urut soal dalam kisi-kisi
  • Tujuan Pembelajaran: Kompetensi dasar yang ingin dicapai melalui soal
  • Materi Pembelajaran: Topik atau subtema matematika yang diuji
  • Indikator Soal: Kemampuan spesifik yang diukur oleh soal
  • Level Kognitif: Tingkatan kognitif menurut Taksonomi Bloom (C1 sampai C6)
  • No Soal: Nomor soal sesuai urutan dan tipe soal
  • Bentuk Soal: Jenis soal seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian

5. Prinsip Penyusunan Soal

  • Soal harus mencakup seluruh kompetensi dasar sesuai Kurikulum Merdeka untuk kelas 7.
  • Soal pilihan ganda kompleks menguji kemampuan analisis dan pemahaman siswa dalam memilih dua jawaban benar sekaligus.
  • Soal uraian bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam menguraikan konsep dan menyelesaikan masalah matematika secara rinci.
  • Soal dirancang dengan tingkat kesulitan yang bervariasi mulai dari pengenalan konsep (C1-C2) hingga penerapan dan analisis (C3-C4).
  • Soal mudah dipahami dan relevan dengan konteks pembelajaran sehari-hari.

6. Manfaat Kisi-Kisi Soal

  • Membantu guru merancang soal yang terstruktur dan seimbang cakupannya.
  • Memastikan penilaian yang objektif dan komprehensif atas kemampuan matematika siswa.
  • Mempermudah proses evaluasi pembelajaran serta identifikasi area yang perlu diperkuat.
  • Menjamin soal sesuai dengan standar kurikulum dan mencakup seluruh materi penting.

Kisi-kisi ini menjadi dasar penting dalam penyusunan soal, pelaksanaan ujian, serta evaluasi hasil belajar yang efektif dan efisien pada Mata Pelajaran Matematika kelas 7 Kurikulum Merdeka.

 ðŸ‘‰ Download Kisi-Kisi SAT Matematika Kelas 7

👉 Contoh Soal SAT Matematika Kelas 7

📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)

Minggu, 18 Mei 2025

Kisi-Kisi Soal Sumatif Akhir Tahun Akidah Akhlak Kelas 7

 1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi

Kisi-kisi ini disusun sebagai panduan penyusunan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) untuk mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 7 dalam rangka mengukur capaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penyusunannya adalah:

  • Memastikan soal yang dibuat sesuai dengan CP dan alur tujuan pembelajaran
  • Menyediakan acuan sistematis dalam menguji pemahaman siswa secara menyeluruh
  • Meningkatkan validitas dan reliabilitas soal yang digunakan dalam SAT
  • Memberikan gambaran proporsi materi semester ganjil dan genap (40% : 60%)

 2. Komposisi Bentuk Soal

Jumlah total soal: 40 soal, dengan rincian bentuk sebagai berikut:

Bentuk Soal

Jumlah

Keterangan

Pilihan Ganda

10

1 jawaban benar dari 4 opsi (A, B, C, D)

Pilihan Ganda Kompleks

10

Lebih dari satu jawaban benar, dipilih dari A, B, C, dan D

Menjodohkan

5

Tiap soal terdiri dari 2 subsoal (total 10 pasangan)

Isian Singkat

10

Jawaban pendek dan tepat sesuai konteks materi

Uraian

5

Jawaban penjabaran terkait pemahaman dan penerapan akidah & akhlak

 

3. Cakupan Materi

Materi diambil dari gabungan semester 1 dan semester 2, dengan proporsi:

  • Semester 1: 40%
    • Makna Akidah Islam
    • Rukun Iman (Iman kepada Allah dan Malaikat)
    • Akhlak Terpuji: Jujur, Amanah, Tanggung Jawab
  • Semester 2: 60%
    • Iman kepada Kitab dan Rasul
    • Akhlak Terpuji: Rendah Hati, Sederhana, Hemat, dan Syukur
    • Akhlak Tercela: Takabur, Hasad, dan Tabdzir

 

4. Struktur Kisi-Kisi

Setiap soal dalam kisi-kisi dilengkapi dengan kolom berikut:

No

Tujuan Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

No Soal

Bentuk Soal

Keterangan:

  • Tujuan Pembelajaran: Mengacu pada alur CP Kurikulum Merdeka
  • Indikator Soal: Menunjukkan kompetensi yang diukur (misal: siswa dapat menyebutkan makna iman kepada malaikat)
  • Level Kognitif: C1 (Mengetahui), C2 (Memahami), C3 (Menerapkan)
  • No Soal: Penempatan dalam urutan soal
  • Bentuk Soal: Disesuaikan dengan jenis soal (PG, PG Kompleks, Isian, dll)

5. Prinsip Penyusunan Soal

  • Soal disusun berdasarkan prinsip autentik, kontekstual, dan moderat
  • Mengukur keseimbangan pemahaman akidah dan penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari
  • Disusun dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan sesuai tingkat berpikir siswa
  • Memungkinkan siswa untuk menunjukkan pemahaman secara lisan, tulisan, dan sikap

6. Proses Validasi

  • Kisi-kisi dan soal ditelaah oleh tim guru mata pelajaran/MGMP Akidah Akhlak
  • Disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kebutuhan satuan pendidikan
  • Soal diuji coba secara terbatas jika memungkinkan, untuk validasi awal


 ðŸ‘‰ Download Kisi-Kisi SAT Akidah Akhlak Kelas 7

👉 Contoh Soal SAT Akidah Akhlak  Kelas 7

📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)

Update! Kisi-kisi Soal SAT Bahasa Inggris Kelas 7


 1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi

Kisi-kisi ini disusun sebagai acuan dalam penyusunan soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Bahasa Inggris untuk kelas 7 yang mengacu pada capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah untuk:

  • Menjamin ketercapaian kompetensi sesuai CP (Capaian Pembelajaran)
  • Menjamin proporsionalitas materi dari Semester 1 dan Semester 2
  • Mempermudah guru dalam membuat soal yang valid, reliabel, dan bervariasi
  • Memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai ruang lingkup materi yang akan diujikan

2. Struktur Kisi-Kisi Soal

          Jumlah soal keseluruhan: 40 butir soal, dengan komposisi dan bentuk soal sebagai berikut:

Bentuk Soal

Jumlah

Keterangan

Pilihan Ganda

10

1 jawaban benar dari 4 opsi (A, B, C, D)

Pilihan Ganda Kompleks

10

Lebih dari 1 jawaban benar; siswa memilih semua jawaban yang tepat

Menjodohkan

5

Masing-masing terdiri dari 2 subsoal per nomor (total 10 pasangan)

Isian Singkat

10

Jawaban pendek sesuai konteks soal

Uraian

5

Soal dengan jawaban penjabaran mendalam terkait konteks bahasa


3. Cakupan Materi

Materi soal mencakup seluruh CP dan materi ajar Bahasa Inggris Kelas 7 selama 1 tahun pelajaran:

  • Semester 1 (40%):
    • Greeting and Introduction
    • Classroom Language
    • Describing People and Objects
    • Simple Present Tense in Daily Activities
  • Semester 2 (60%):
    • Telling Time and Daily Routines
    • Expressing Likes and Dislikes
    • Giving Instructions and Prohibition
    • Describing Places and Locations

4. Aspek dalam Kisi-Kisi

 

  • Tujuan Pembelajaran: Mengacu pada capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka.
  • Indikator Soal: Menjabarkan kemampuan yang diukur, misalnya "Siswa dapat memilih kalimat sapaan yang tepat dalam konteks formal."
  • Level Kognitif: Merujuk pada taksonomi kognitif: Pengetahuan (C1), Pemahaman (C2), Aplikasi (C3), dst.
  • No Soal: Nomor soal yang memuat indikator tersebut.

5. Prinsip Penyusunan Soal

  • Soal harus sesuai konteks nyata (authentic) dan menggunakan bahasa Inggris sederhana yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa kelas 7.
  • Mengutamakan ragam keterampilan bahasa: listening (jika berbasis audio), reading, writing, dan speaking (jika lisan atau tertulis).
  • Menyisipkan stimulus visual atau naratif (gambar, dialog, jadwal, dll) untuk mendukung konteks soal.

6. Penyusunan dan Penelaahan

  • Kisi-kisi ini disusun oleh guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan ditelaah oleh tim MGMP untuk menjamin kualitas dan kesesuaian dengan CP.
  • Setiap soal dirancang sesuai indikator, dan soal akhir akan divalidasi sebelum digunakan dalam SAT.

 

 ðŸ‘‰ Download Kisi-Kisi SAT Bahasa Inggris Kelas 7

👉 Contoh Soal SAT Bahasa Inggris Kelas 7

📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)

 

Sabtu, 17 Mei 2025

Kisi-Kisi Soal SAT Bahasa Indonesia - Kurikulum Merdeka

        source image : https://www.freepik.com/

1. Tujuan Penyusunan Kisi-Kisi

Penyusunan kisi-kisi soal bertujuan untuk:

  • Menyediakan panduan sistematis bagi guru dalam membuat soal Sumatif Akhir Tahun (SAT).
  • Menjamin keterukuran dan ketercapaian Tujuan Pembelajaran (TP) dan Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum Merdeka.
  • Menyajikan soal yang variatif, berbasis konteks, dan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa (kognitif).

 

2. Prinsip Penyusunan

  • Relevan: Mengacu pada CP dan TP Bahasa Indonesia kelas 7.
  • Representatif: Mencakup materi esensial semester 1 dan 2.
  • Variatif: Menggunakan berbagai bentuk soal untuk menilai berbagai aspek berpikir.
  • Terukur: Soal dibuat berdasarkan indikator yang jelas.
  • Proporsional: Distribusi soal berdasarkan bobot materi dan level kognitif.

 

3. Proporsi Materi

  • Semester 1: 40% dari total soal.
  • Semester 2: 60% dari total soal.
    Distribusi ini mempertimbangkan pembelajaran yang telah berlangsung sepanjang tahun.

 

4. Jumlah dan Bentuk Soal

Total: 40 soal, dengan rincian:

Bentuk Soal

Jumlah

Karakteristik

Pilihan Ganda (PG)

10

Satu jawaban benar, menguji pemahaman dasar

Pilihan Ganda Kompleks

10

Lebih dari satu jawaban benar, menguji analisis dan sintesis

Menjodohkan

5

2 subsoal per nomor, menguji koneksi antar konsep

Isian Singkat

10

Mengisi kata/kalimat secara ringkas, mengukur pemahaman atau penerapan konsep

Uraian

5

Jawaban terbuka, menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (C4–C6)

 

5. Struktur Kisi-Kisi Soal

Setiap kisi-kisi berisi komponen berikut:

Komponen

Penjelasan

No

Nomor urut indikator

Tujuan Pembelajaran

Diambil dari Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7

Materi

Materi pokok yang diambil dari semester 1 atau 2

Indikator Soal

Rumusan kemampuan yang diukur, sesuai materi dan TP

Level Kognitif

C1–C6 sesuai Taksonomi Bloom (mengingat hingga mencipta)

No Soal

Nomor soal dalam bentuk tes

Bentuk Soal

PG, PG Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, atau Uraian

 

6. Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7

(Sumber: CP Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka)

  • Memahami struktur dan kebahasaan teks deskripsi, narasi, prosedur, eksplanasi, dan tanggapan.
  • Mengidentifikasi informasi, gagasan utama, dan unsur kebahasaan dalam teks.
  • Menyajikan tanggapan terhadap informasi dalam teks secara tertulis/lisan.
  • Menyunting dan menulis teks sederhana sesuai kaidah kebahasaan.

 

7. Contoh Indikator Soal

  • Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan ciri teks tersebut.
  • Disajikan teks prosedur, siswa dapat menyusun kembali urutan langkah secara tepat.
  • Disajikan dua kutipan teks berbeda, siswa dapat membandingkan struktur dan tujuannya.

 

8. Level Kognitif yang Digunakan

  • C1: Mengingat istilah atau definisi (contoh: jenis majas, fungsi tanda baca)
  • C2: Memahami isi teks, struktur, ciri kebahasaan
  • C3: Mengaplikasikan pengetahuan, seperti menyusun paragraf atau langkah prosedur
  • C4: Menganalisis struktur dan hubungan antarbagian teks
  • C5–C6: Menilai atau menciptakan teks tanggapan, menyimpulkan isi dari teks kompleks

 

9. Tahapan Pembuatan Kisi-Kisi

Langkah

Kegiatan

Menelaah CP dan TP Bahasa Indonesia kelas 7

2

Memilah materi esensial dari semester 1 dan 2

3

Menyusun indikator soal berdasarkan TP dan materi

4

Menentukan level kognitif dan bentuk soal yang sesuai

5

Mengisi format kisi-kisi dengan lengkap dan sistematis

6

Menelaah dan merevisi kisi-kisi secara kolaboratif dengan guru lain/MGMP

 

10. Penutup

Kisi-kisi ini menjadi acuan utama dalam menyusun soal yang adil, valid, dan mencerminkan kemampuan berpikir siswa secara menyeluruh. Selain sebagai pedoman bagi guru, kisi-kisi juga menjadi dasar untuk evaluasi hasil belajar yang berkualitas dan bermakna.


👉 Download Kisi-Kisi SAT Bahasa Indonesia Kelas 7

👉 Contoh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 7


📄 Klik untuk mengunduh file Word (.docx)

 


Download Kisi-Kisi dan Contoh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 7

Klik di sini untuk mengunduh file